Single post

Tugas Big Data Minggu ke-9

Intan Tamara F

1401164228

MB-40-05

 

 

Clustering merupakan salah satu metode pada penambangan data. Tujuan utama dari metode clustering ialah mengelompokkan sejumlah objek data ke dalam sebuah cluster atau grup. 

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari teknologi cluster diantaranya meningkatkan ketersediaan dan performansi system. Pada server database yang besar dalam pelayanannya tidak menggunakan server databse tunggal, tetapi dilayani oleh sekelompok server database, beberapa buah server databse dihubungkan menjadi satu pada lingkungan yang sangat kompleks. Arsitektur yang digunakan harus menjamin bahwa sistem bekerja dengan baik, setiap server mengerjakan beban semestinya, dan tidak ada bottleneck. Berbagai jenis server diikat menjadi satu untuk menjadikan suatu pelayanan tunggal (one stop shopping). Database tercluster tersebut dapat dianggap personal desktop atau database tunggal bagi penggunanya. Database pada masa sekarang ini dituntut agar dapat berjalan dengan cepat dan mempunyai kehandalan yang tinggi, Dengan clustering ini database yang disimpan dapat terbagi ke beberapa mesin dan pada saat aplikasi berjalan, semua mesin yang menyimpan data tersebut dianggap sebagai satu kesatuan.

Kegunaan clustering dalam data misalnya: 

  1. Memprediksi dan menganalisa masalah bisnis tertentu. Misalnya Segmentasi pasar, marketing dan pemetaan zonasi wilayah.
  2. MengIdentifikasi obyek dalam berbagai bidang seperti computer vision dan image processing.
  3. Memungkinkan suatu database tetap hidup dalam jangka waktu yang lama. Misal ada salah satu mesin yang terjadi failure, maka sistem tidak akan langsung terganggu karena mesin lain akan langsung menggantikannya.

Sumber : http://arripple.blogspot.com/2016/04/pengertian-dan-fungsi-cluster-database.html?m=1

http://socs.binus.ac.id/2017/03/09/clustering/

 

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes