Single post

Tugas Big Data Week 4

Penulis : Intan Tamara F (1401164228/MB-40-05)

 

1.     Untuk orang-orang yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi, tekonologi cloud computing akan sangat membantu dalam mengerjakan pekerjaan kantor. Teknologi cloud computing dihadirkan sebagai upaya untuk memungkinkan mengakses sumber daya dan aplikasi dari mana saja melalui jaringan internet, sehingga tugas yang memanfaatkan ICT yang sebelumnya harus dikerjakan di 1 tempat sekarang bisa dikerjakan dimana saja. Dahulu sebelum adanya Cloud Computing, orang-orang sangat susah untuk mengerjakan tugas yang mengharuskan join bersama tetapi kini masalah itu jarang ditemui. Cloud computing menawarkan peluang dan tantangan baru bagi praktisi ICT. Banyak perusahaan besar yang mengeksplorasi cloud computing untuk dijadikan bisnis seperti Microsoft, IBM, Google dan Amazon. Banyak kelebihan yang ditawarkan cloud computing  selain memudahkan pekerjaan  bisa juga  menghemat waktu sehingga perusahaan bisa focus ke hal yang lain, membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena system dapat dimonitor dan diatur dengan mudah, serta menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.

2.     Menurut studi kasus no.1 saya menyimpulkan permasalahan diatas masuk kedalam tipe complex yaitu suatu tipe dimana pendepakatan yang dilakukan adalah problem           sense respond. Jadi, kita mencari solusi dari permasalahan yang ada. Kasus no. 1 memiliki masalah dimana ingin memmudah pekerjaan yang berhubungan dengan ICT dapat dilakukan dimana saja tanpa terbatas tempat maka akhirnya dibuatlah cloud computing dimana memungkinkan setiap pengguna mengerjakan dan mengakses data yang dibutuhkan untuk pekerjaan dimana saja dan kapan saja.

3.     Jurnal yang saya dapatkan membahas tentang penerapan data mining dengan metode interpolasi untuk memprediksi minat konsumen asuransi. Data mining sendiri merupakan kombinasi secara logis antara pengetahuan data, dan Analisa statistic yang dikembangkan dalam pengetahuan bisnis atau suatu proses yang menggunakan Teknik statistic, matematika, kecerdasan buatan, tiruan dan machine-learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat bagi pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar.  Data mining sangat berguna untuk membantu perusahaan asuransi menemukan informasi yang sangat penting dari Gudang data mereka. Data mining meramalkan trend an sifat-sifat perilaku bisnis yang sangat berguna untuk mendukung pengambilan keputusan penting. Hasil dari penggunaan data mining ini adalah dapat mengetahui besaran angka prei asuransi yang terbaik dari pendapatan para nasabahnya. Jika dikaitkan dengan pokok masalah kasus diatas, ini termaksud kedalam tipe complex dalam The Cynefin Framework. Ini terjadi karena mereka melihat situasi atau permasalahan yaitu ingin menentukan besaran premi asuransi terbaik bagi nasabah dengan menggunakan teknik data mining.

 

Sumber :

Jurnal

Ashari, Ahmad., Setiawan, Herri. 2011. Cloud Computing : Solusi ICT?. Jurnal Sistem Informasi. Vol.3,No.2.(https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/736)

Kurniawan Sandy, Taufik Hidayat. 2007. Penerapan Data Mining Dengan Metode Interpolasi Untuk Memprediksi Minat Konsumen Asuransi (Studi Kasus Asuransi Metlife). Media Informatika. Vol.5:113-128. ISSN: 0854-4743 (http://jurnal.uii.ac.id/media-informatika/article/view/114/76)

Artikel Internet

ilhamrizqi.com/2014/09/4-jenis-problem-cynefin-framework/

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes