Single post

Tugas Ego Network (Twitter)

Intan Tamara F

1401164228

MB-40-05

 

Ego Network adalah jejaring sosial yang kita miliki, atau dengan kata lain jejaring sosial dengan kita sebagai pusatnya. Dengan melihat jejaring sosial yang kita miliki, kita bisa mengetahui karakteristik dari lingkungan kita seperti siapa saja teman kita, seberapa besar jangkauan pertemanan kita, ada berapa kelompok/grup pertemanan yang kita miliki, dll. (Alamsyah, 2014). Sebagai contoh disini saya mencoba dengan akun Twitter milik saya (@tamarafebrinzky) untuk dianalisis. Caranya :

  1. Buat API terlebih dahulu jika belum memiliki.
  2. Jika sudah memiliki API, bisa langsung membuka R studio dan melakukan crawl data dahulu disana untuk mendapatkan hasil yang akan dianalisis di Gephi.
  3. Setelah data yang dibutuhkan didapat, kita terlebih dahulu membuat Nodes dan Edges untuk diolah di Gephi. Data untuk membuat Nodes dan Edges didapat dari data R Studio. Nodes adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan Edges adalah hubungan antar aktor tersebut.

 

Measure

Dari hasil perhitungan didapatkan hasil dengan

Average Degree (rata-rata jumlah hubungan node ke node lain) sebesar 1, 344. Dengan Avg. Path Length (pengukuran untuk melihat jumlah rata-rata langkah yang dibutuhkan sepanjang jalur terpendek untuk semua kemungkinan hubungan yang terjadi antar node dalam suatu jaringan) sebesar 2,027.

Terdapat 2 bentuk dari degree yaitu indegree (jumlah hubungan masuk) dan outdegree (jumlah hubungan keluar).

Lalu Network Diameter (suatu nilai diameter untuk sebuah network yang didefinisikan sebagai jarak terpendek antar 2 node dengan nilai paling tinggi) sebesar 5.

Untuk Modularitynya (imdikator kecenderungan pengelompokkan suatu kumpulan nodes. Semakin tinggi nilai modularity, maka semakin kuat kecenderungan atau potensi suatu kumpulan nodes untuk membentuk kelompok) sebesar 0,04 atau data terdistribusis kedalam 4 kelas dengan nilai tertinggi 280 (dikelas 3) dan nilai terendah berada di kelas 0.

Visualization

Network graph ini merupakan grafik yang menggambarkan item-item tertentu dalam bentuk nodes serta derajat hubungan (edge) masing-masing nodes tadi untuk menggambarkan kedekatannya. Semakin dekat item tetentu dengan item lainnya maka garis hubungannya akan digambarkan semakin tebal. Dari grafik ini diharapkan kita dapat memperoleh informasi secara cepat dan mudah mengenai hubungan serta kecenderungannya.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes